Senin, 24 September 2012

Untuk Kamu yang Banyak Masalah


Semua orang di dunia ini pasti pernah atau malah sedang punya masalah. Tapi ada orang yang menyelasaikan masalah dengan cara yang salah atau bahkan lari dari masalah. Ada yang mabuk, nge-drugs atau bahkan sampai ada yang bunuh diri karena tidak kuat menghadapi ujian dan masalah. Sering seseorang mencari pelarian atau pelampiasan yang katanya bisa membuat kita melupakan sejenak tapi justru merugikan kita. Ada juga yang memilih untuk curhat kepada teman yang lebih aman dan lebih baik dari pada mabuk-mabukan atau nge-drugs.

Sebenarnya kita tidak usah lari ke mana-mana, kita cukup membaca Al Qur'an. Al Qur'an tidak hanya sebagai kitab suci tapi juga pedoman hidup manusia. Di dalamnya terdapat semua jawaban atas masalah atau ujian yang kita hadapi. Dengan membaca Al Qur'an hidup kita menjadi tenang. Tidak percaya ? silakan lihat tulisan di bawah ini.
Bagi yang sedang punya masalah besar, Check this show !


mungkin kita pernah berpikir, Alangkah baiknya, kalau Aku tidak mempunyai masalah atau ujian seperti ini. Kemudia kita bertanya, Kenapa kita diuji ?
Jawabannya silakan buka Al Qur'an surah Al Ankabut ayat 2 -3

2-Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?

3-Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.
(Al Ankabut 2-3)

Kenapa kita tidak mendapatkan apa kita inginkan ?
Jawabannya silakan buka Al Qur'an surah Al Baqarah ayat 216

216 Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci.Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(QS. 2:216)

Kenapa ujian dan masalah yang kuhadapi seberat ini ?
Jawabannya silakan buka Al Qur'an surah Al Baqarah ayat 286

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa):` Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir `.
(QS. 2:286) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Bagi yang frustasi ?
jawabannya silakan buka Al Qur'an surah Ali Imran ayat 139

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.
(QS. 3:139) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tapi Aku tidak bisa bertahan lagi, Aku Tidak Kuat menghadapi ujian dan Masalah ini, Masalah ini terlalu berat ?
jawabannya silakan buka Al Qur'an surah Az Zumar ayat 53

Katakanlah:` Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(QS. 39:53)

Lalu...Bagaimana Aku menjalani hidup ini ?
Jawabannya silakan buka Al Qur'an Surah ayat 200 dan Al Baqarah ayat 45

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.
(QS. 3:200) :
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu,
(QS. 2:45) ::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Jadi, Pada siapa Aku harus berharap ?
jawabannya buka Al Qur'an surah At Taubah ayat 129

Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah:` Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki arasy yang agung `.
(QS. 9:129)

Lalu..apa yang Aku dapat dari semua ini ?
jawabannya buka Al Qur'an surah At Taubah ayat 111

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.
(QS. 9:111) :

Tolong disebarin ya, lewat facebook atau lewat tweet. Agar supaya lebih banyak lagi jiwa-jiwa yang tenang dan mencintai Al Qur'an.

Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.

salam sejahtera

1 komentar:

Ahmad Alqurniawan mengatakan...

Hae Non..salam Kenal..jangan lupa mampir keblog aqu ea..qwe tunggu Followback sama Komentarnya !! Salam Persahabatan ea Non !! :D

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini